Cara Menemukan Ide Untuk Menulis Artikel Dan Pidato

No Comments

Apakah Anda memiliki masalah dalam menemukan ide untuk artikel dan pidato? Saya tahu kadang-kadang, dan orang lain mengatakan hal yang sama kepada saya. Di klub Toastmasters saya, misalnya, saya sering mendengar anggota mengatakan mereka kesulitan menemukan topik untuk pidato. Kunjungi juga kitaswara.com yang membahas berbagai informasi terupdate seputar Gadget,Teknologi dan sebagainya.

Tapi, saya sudah belajar, seperti orang lain yang banyak menulis dan berbicara, untuk memulai dengan apa yang saya ketahui. Untuk menggunakan pengalaman atau perspektif saya sendiri untuk menjadikan subjek sederhana pun menjadi milik saya sendiri. Dan Anda dapat melakukan hal yang sama. Memang, apa yang tampaknya biasa bagi Anda mungkin memesona orang lain. Misalkan, misalnya, Anda bekerja di restoran cepat saji - ceritakan tentang pelanggan terbaik dan terburuk, atau ceritakan tentang proses dan pelatihan yang memungkinkan untuk beralih dari pesanan ke pengiriman hanya dalam beberapa menit.

Inilah contoh kehidupan nyata dari pengalaman saya sendiri. Saya memiliki pekerjaan paruh waktu sebagai operator bantuan direktori untuk sebuah perusahaan telepon, dan itu menghasilkan beberapa cerita menarik, seperti waktu seorang wanita menelepon karena kenop pintu untuk keluar dari apartemennya yang dipinjam rusak, dan dia tidak tahu bagaimana untuk keluar. Dia tidak tahu siapa yang harus dihubungi kecuali Bantuan Direktori, dan kami memiliki waktu yang menarik untuk mencari solusinya. Sekarang ada cerita untuk memulai artikel atau pidato, dan mungkin bahkan tema seperti "Cerita aneh tapi nyata dari operator bantuan direktori."

Lalu, ada ide untuk memberikan wawasan bagi orang lain. Jika Anda mengendarai truk, misalnya, Anda dapat membuat daftar Sepuluh Besar kesalahan umum yang Anda lihat di jalan dan jalan raya. Sebagai pengemudi profesional, Anda memiliki wawasan khusus tentang pola-pola driver amatir.

Di luar pengalaman pribadi Anda, pikirkan masalah yang membuat Anda penasaran. Jika Anda tertarik, melakukan penelitian dan berpikir tentang suatu subjek akan menyenangkan dan mudah. Mungkin Anda bahkan dapat memuaskan keingintahuan Anda sendiri saat menyiapkan artikel atau pidato yang menerangi orang lain.

Pendekatan-pendekatan ini akan menuntun Anda ke sejumlah ide cerita. Buat daftar, katakanlah lima atau sepuluh topik yang mungkin. Sekarang, tanyakan pada diri sendiri yang mana dari mereka yang akan paling menyenangkan atau termudah untuk dikembangkan. Anda juga mungkin bertanya pada diri sendiri apakah Anda memiliki cukup contoh untuk menggambarkan hal-hal yang termasuk dalam topik tertentu.

Sekarang, tulis garis besar, untuk menetapkan tema utama dalam pidato atau artikel Anda. Pada saat Anda selesai menguraikan tema-tema ini, Anda mungkin akan memiliki sejumlah topik baru yang dapat dikembangkan menjadi topik yang berdiri sendiri.

Sebagai contoh, melihat kembali isi artikel ini sejauh ini, saya melihat bahwa membahas sesuatu yang orang lain tidak tahu banyak adalah salah satu poinnya. Itu akan membuka pintu ke apa yang saya sebut sindrom "Semua orang tahu", asumsi tidak berdasar bahwa orang lain tahu apa yang kita ketahui. Mungkin Anda berpikir bahwa pengalaman mengasuh anak Anda sama seperti pengalaman orang tua lainnya. Namun, perasaan Anda mungkin sangat unik dan sangat menarik bagi orang tua lain.

Jika semuanya gagal, dapatkan ide dari orang lain. Sebagai contoh, saya berlangganan banyak buletin online karena saya menulis banyak artikel sendiri. Ketika ide-ide cerita potensial muncul, saya menyimpannya di dalam folder, siap untuk dicari ketika saya tidak memiliki apa pun yang tersedia di benak saya. Saya dapat menggunakan artikel asli sebagai titik awal, menciptakan sesuatu yang baru dan unik dengan menggunakan pengalaman dan cara saya sendiri dalam melakukan sesuatu. Atau saya bisa abstrak artikel orang lain dengan kata-kata saya sendiri, lagi-lagi membuat sesuatu yang baru dalam proses. Dalam kedua kasus, saya menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan pengalaman atau perspektif unik saya.

Jadi, jangan pernah terjebak untuk ide artikel atau pidato! Anda sudah memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan; ini hanyalah masalah mengembangkan salah satu ide itu dalam kerangka itu. Dan inilah bonusnya: Jika Anda menulis atau berbicara tentang sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda, Anda tidak perlu bekerja keras untuk membuat artikel atau pidato. Cukup ikuti jalan melalui ingatan Anda.

back to top